Pembekalan Ilmu Agama pada Usia Dini akan Membentuk Karakter Akhlak Mulia di Masa Depan

By admin 09 Agu 2024, 06:59:38 WIB Pendidikan
Pembekalan Ilmu Agama pada Usia Dini akan Membentuk Karakter Akhlak Mulia di Masa Depan

“Bentuk Karakter Akhlak Mulia hendaknya harus dimulai sejak anak usia dini dengan membekali ilmu pengetahuan agama,” hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal saat menghadiri acara hari Anak Nasional ke 40 di taman Siring Laut, Rabu (07/08/24).

Menurut Kamal pendidikan agama perlu dikenalkan dan diajarkan pada anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar kelak saat dewasa, anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

“Pendidikan Agama merupakan prinsip penting dalam pembentukan akhlak yang mulia, terutama dalam pendidikan anak usia dini, karena akhlak yang baik akan membentuk karakter yang kuat dan positif pada anak,” ujar Kamal.

Lebih lanjut ia katakan, seperti peribahasa, “Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa laksana mengukir di atas air”. Maka dari itu, penting untuk mengajarkan agama kepada anak sejak masih kecil untuk bekal hidup anak di kemudian hari.

“Ketika anak sudah memiliki bekal ilmu agama yang cukup sejak dini, maka saat beranjak dewasa anak sudah tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif yang ada di sekitarnya. Hal itu karena anak sudah memiliki pegangan yang kuat sejak masih kecil,” terangnya

Untuk itu, Ka.Kankemenag berharap para orang tua bisa memilih lembaga pendidikan yang dinilai baik untuk anak, serta terus berupaya agar dapat memenuhi hak-hak tersebut sesuai dengan kemampuannya.

“Dihari Anak Nasional ini saya mengajak semua kita, khususnya para orangtua, untuk benar-benar menyadari pentingnya memiliki akhlak mulia bagi anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” tandas Ka.Kankemenag.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment